Pertolongan Pertama pada Epilepsi (AYAN)

Ayan, atau menurut bahasa medis disebut dengan EPILEPSI. Adalah serangan mendadak kepada seseorang dalam bentuk kejang dan kemudian tidak sadarkan diri. Hal ini disebabkan adanya impuls elektrolit yang tidak wajar dalam otaknya, karena sesuatu yang belum bisa terjabarkan. Keadaan ini tentunya membuat orang disekitarnya kaget dan bereaksi menjauh. Jangan!!. Segera berikan pertolongan karena keterlambatan pertolongan dapat berakibat fatal pada penderita.

Ada dua jenis serangan yang terjadi pada penderita, yaitu : Grand mal atau serangan besar dan petit mal atau serangan kecil/ringan.

GRAND MAL

Dalam keadaan ini penderita tiba-tiba jatuh ke lantai (yang dapat menyebabkan cedera) kejang-kejang kemudian berangsur-angsur berkurang, melemah dan akhirnya tertidur. Bahaya serangan ini antara lain :

Luka, perhatikan posisi jatuh apakah ada patah tulang, luka terbuka dan berdarah, apakah ada benturan kepala yang cukup keras dan dapat mengakibatkan gegar otak, atau terkilir dan memar.

Tersedak oleh muntahannya sendiri karena pada saat serangan biasanya penderita mengeluarkan air liur yang banyak dari dalam mulutnya kadang-kadang disertai muntahan.

Terpotong lidah, Kekejangan yang terjadi dapat menyebabkan rahang terkatup rapat dan menggigit lidah.

Tindakan yang pertama dilakukan adalah amati posisi jatuh, bila tidak ada luka balikkan atau miringkan posisi badannya agar tidak tersedak, gigitkan sendok atau gumpalan serbet agar lidah tidak tergigit, jauhkan benda-benda yang membahayakan dari sekitarnya, jauhkan dari sungai, danau, atau laut. Yang terpenting adalah jangan menahan gerakan kejangnya, hal ini dapat menimbulkan cedera otot atau tulang pada penderita. Setelah serangan menghilang, biarkan dia tertidur tanpa terganggu, bila mungkin bawalahke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut.

PETIT MAL

Pada kondisi serangan ringan penderita biasanya tidak sampai terjatuh, walaupun kehilangan seluruh kesadarannya. Berlangsung sekitar 10 – 15 detik. Penderita biasanya hanya terdiam dengan wajah kosong, dan tidak mendengar apapun. Kondisi ini akan hilang setelah usia remaja.

Tindakan pertama yang dilakukan bila terjadi serangan adalah membuat penderita nyaman dan kemudian membiarkan tertidur tanpa terganggu. Biasanya tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali bila ada luka bawalah ke RS atau klinik terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

31 responses to “Pertolongan Pertama pada Epilepsi (AYAN)

  1. Artikel seperti inilah yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih anda bersedia sharing dengan kita semua. Saya dengar kalau di luar negeri hal-hal seperti ini diajarkan semenjak dini di sekolah, sehingga setiap individu siap dengan hal-hal yang tidak terduga seperti ini, dan sigap untuk menolong.

  2. terimakasih atas tanggapannya. Kalau punya pertanyaan dan atau tips lain silahkan bergabung.
    Salam.

  3. wah..praktis nich..tadi lagi browsing2 nyari tentang epilepsi nemu simple answer di blog ini..thanks ya :p

  4. Ntu klo nyang sampe be’busa t’masuk grand mal y. Pertolongan p’tama supaya busa dari mulutnya ilang g’mana. Q butuh info lengkapnya tentang pertolongan pertama pada kejang -kejang n be’busa. selengkap nyang kamyu bisa. K’lo gak terlalu ngerepotin kirimin ke “SoulEater.Rune@yahoo.com” y. Thx

  5. Busa yang keluar dari mulut sebenarnya adalah air liur yang berlebihan dan karena getaran kejang jadi berbuih. Miringkan posisi wajahnya agar penderita tidak tersedak.

    Tengkyu,
    ZA

  6. Mas Effendi,
    Terimakasih kembali. Mudah-mudahan bermanfaat.

  7. apakah penderita kalo lagi kejang boleh dipijit kepalanya? untuk membantu relaksasi otot.
    terima kasih.

    • Terimakasih komentarnya.
      Pemijitan kepala berarti kita menahan atau memaksakan otot ke arah/posisi tertentu, Sebaiknya dihindari saja. Yang paling penting adalah mencegah terjadi kerusakan/sakit/kecelakaan karena ketidaksadaran penderita.
      Mudah-mudahan manfaat….

  8. terima kasih sekali, infonya sangat berguna. Kebetulan ada teman ktr yg mengidap penyakit ini. Kalo boleh info mengenai penyebab serangan (kumat). Apakah krn stres? Krn teman saya ini kok sering kumat, seminggu bisa 3-4 kali jatuh di ktr. Trims sebelumnya

    • Terimakasih atas komentarnya.
      “Kumat” atau serangan samapai 3-4 kali dalam seminggu termasuk kondisi yang bisa dibilang tidak terkontrol. Mungkin penderita tidak rutin makan obat dan kontrol ke dokter untuk menanganinya. Tapi, diluar hal tersebut, kondisi yang paling sering menyebabkan kumat adalah ketegangan dan kondisi kesehatan yang kurang baik.
      Kita sebagai teman, selain perlu siap sedia menolong disaat serangan, ada baiknya mengingatkan dia untuk makan obat secara teratur dan kontrol ke dokter.
      Mudah-mudahan manfaat ya….

  9. makasih banyak atas infonya,sangat membantu karena saudara saya sendiri terkena penyakit ini.

  10. terima kasih artikelnya, ngomong2 ada ga ya referensi tentang apakah harus mengganjal gigi dengan sesuatu atau dibiarkan saja, yg penting dijaga dari bahaya?
    Krn di ruangan ini lagi ada perdebatan antara yang setuju dan tidak setuju thdp ganjal menganjal mulut penderita ayan.
    makasih ya…..

    • kalau mungkin sebaiknya diganjal supaya tidak menggigit lidah. tapi harus dengan alat yang cukup besar, karena daripada tersedak dengan alat pengganjal yang terlalu kecil leboih baik tidak…

  11. Tq artikelnya, karena teman saya juga menderita penyakit ini. Tapi adakah obat herbal untuk penyakit ayan? kalau ada, dimana bisa diperoleh?
    Tq.

  12. Saya sendiri tahun ini yang saya paling ingat pertama kali kejadian bulan Maret 2009 kemarin. Saya sedang berbaring di tempat tidur kemudian tiba-tiba kepala terasa ling-lung lalu leher saya menoleh terpelintir ke kiri tanpa bisa saya kontrol. Kemudian saya tidak ingat apa-apa lagi. Bangun-bangun badan terasa capek sekali seperti habis melakukan olahraga berat, lidah luka tergigit sampai berdarah, bahkan bangun dari tempat tidur untuk buang air kecil pun tidak bisa, mau pingsan rasanya kalo berdiri. Akhirnya ya saya lanjutkan tidur sampai terkumpul tenaga penuh untuk bisa berjalan.

    Semenjak saya lahir sampai sekarang usia hampir 23 tahun baru kali ini mengalami seperti ini. Dan yang menyebalkan semenjak kejadian pertama di bulan Maret itu, tidak hanya berhenti sampai di situ. Tapi berulang dengan durasi sekitar 10-20 hari sekali. Saya catat tanggalnya tiap kali kejadian itu dan dari bulan Maret 2009 sudah terjadi delapan kali dan terakhir terjadi hari Kamis malam kemarin tanggal 27 Agustus 2009. Untungnya semua kejadiannya berlangsung saat saya sedang di kamar karena memang aktifitas saya sebagian besar di kamar.

    Yang saya tanyakan apakah ini termasuk Epilepsi??

  13. ARTIKEL SEPERTI INI YG SY BUTUHKSN KARNA DPT MEMBANTU SESEORANG YG MENDERITA PENYAKIT EPILEPSI…..

    THANKZZ FOR ARTIKEL

  14. saya seorang pnderita epilepsi..
    bagaimana mengatasi kelemahan berfikir atau menangkap pembicaraan seseorang/dosen jika sedang menjelaskan..
    karena pengkonsumsian obat setiap hari yg di anjurkan dokter itu membuat daya berfikir saya berkurang..

  15. @ Umi Jibril, Jamu herbal untuk ayan insyaallah ada. Jika berminat silakan hubungi kami di 085731197382 atau email di jamuracik@gmail.com Terimakasih

  16. Subhana4wi… Artikelny praktis dan bermanfaat. Terimaksh ya.

  17. jika sy hendak menikah dgn seorang penderita epilepsi apakah itu bs berbahaya n menular kpd anak nanti kelak? tlg diinfokan ya scr terperinci n jelas. tx

    • Dear Via, sebenarnya saya tidak tahu persis apakah ayan akan menurun atau tidak, karena saya seorang ibu rumah tangga yang kebetulan drg dan ketemu banyak pasien kecil berkebutuhan khusus. Namun mohon maaf saya tidak mendalami lebih ke genetika. Mungkin akan saya sampaikan kepada Teman Sejawat saya, agar saya dapat menjawab pertanyaannya.
      Tapi kalau ingin lebih pasti silahkan ajak calon pasangan untuk konsultasi ke dr spasialis syaraf (neurolog). Beliau pasti akan menjawab semua keraguan anda dengan lebih baik…
      Selamat mensiasati kekurangan dan berbahagia ……

  18. titin wulandari

    anak saya umur 8bl, dlm 3minggu ini sdh 3kl kejang2. wkt kejang bibir membiru, apa ini jg gejala ayan? jk msh dini apakah msh bs diobati, penyebabnya apa krn dia krng air?

  19. Terima kasih banyak infonya, krn info di atas sudah merupakan jawaban penting buat saya, just info : saat saya kirim ini baru saja saya bertemu dengan seorang abang bakso yang kena serangan GRAN MAL, bpk tsb tiba2 jatuh di depan sy sambil kejang2 dan mengeluarkan air liur, dg spontan sy turun dr motor dan langsung mengangkat / meminggirkan bpk tsb dg bantuan orang sekitar, hanya 1 yg belum sy lakukan yaitu tdk memberikan benda utk digigit, semoga bpk tsb sudah sehat skrg…

  20. Ayan atau epilepsi memang sangat mengganggu karena datangnya tiba-tiba dan sulit dipastikan apa pemicunya. Yang pasti penyakit ini menimbulkan gangguan terhadap kinerja otak baik temporari maupun permanen. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk menyembuhkan penyakit ini dan saya sendiri sudah melihat buktinya. Ingin tahu lebih lanjut silahkan menghubungi saya langsung di mona13id@yahoo.com

  21. Kalo yg saya tau coba EEG dech…khan ketauan tuch di kepala kita ini ada apanya kalo emang kita epilepsi..karena sering kali dokter juga masih meraba raba kalo memang kita kenanya udah gede..dan riwayat kesehatan gak jelas..malah ada dokter yang nganjurin kita untuk k spesialis jantung! alasannya takut ngasih salah obat jadi harus k spesialis jantung dulu..waduhh muter muter trus jadi lama bgt dech. pokoknya kl udah yakin epilepsi, yakinkan dokter juga diri kita bahwa kita penderita epilepsi

  22. adik saya menderita authis sejak kecil sekarang sudah 19 tahun, sering kali ayan kumat…kejang2,mulut berbusa…duh tiap kali kumat saya cuma tahu dikasih garam saja….tapi untuk kesembuhan belum tahu obatnya…thanks infonya sangat berguna

  23. makasih ya adek aq juga kna epilepsi tpi apa obot nya y

  24. .. Saya sering merasa sakit kepala hebat d kepala bagian blakang sblah kiri.bahkan sempat pingsan,menurut org tua saya,saat pingsan tidak d sertai kejang,hanya saja nafas dan dtak jantung terhenti sesaat.setelah bbrapa menit saya bisa mendengar org tua memanggil” nama saya,tp rasanya mata sulit untuk membuka. dan beberapa hari lalu,tiba” saya seperti kehilangan keseimbangan dan terjatuh,namun tidak pingsan tp kepala pusing. Sebenernya saya knp ya?apa saya menderita ayan?

  25. Ping-balik: Apa itu epilepsi?Apa solusi epilepsi? | ArikOrangNusa

  26. Aku salah satu penderita epi,aku suka lemah dalam berfikir dan pelupa berat..ak blm menemukan obt nya untuk aku,jd aku mnjadi rendah diri diantara teman-teman aku..dikantor aku dianggap lemot berat dan pelupa padahal andaikata mreka tau aku mengidap epi,aku minta saran apakah ak harus mengatakan ke mereka klo aku mengidap epi?karna aku takut di gunjjing dan dikeluarkan dr kantor sementara aku msh butuh uang untuk bayar kuliah dan orang tua ku,tx

  27. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk epilepsi yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

